Pertumbuhan Ekonomi Dunia 2023 Melambat Hampir Dekati Resesi

by -1109 Views

Pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan akan melambat “hampir mendekati” resesi tahun ini, kata Bank Dunia hari Selasa (10/1), yang menurunkan perkiraan pertumbuhan ekonomi karena inflasi tinggi, kenaikan suku bunga, dan invasi Rusia ke Ukraina.

“Perlambatan yang tajam dan bertahan lama” kemungkinan akan membuat pertumbuhan ekonomi dunia turun 1,7 persen, sekitar setengah dari tingkat yang diperkirakan sebelumnya. Angka itu juga di antara laju terlemah dalam beberapa dasawarsa, kata pemberi pinjaman pembangunan yang berkantor di Washington DC, itu dalam laporan terbarunya.

“Mengingat kondisi ekonomi yang rapuh, setiap perkembangan baru yang merugikan, mendorong ekonomi dunia ke dalam resesi,” kata Bank Dunia.

Gangguan itu termasuk inflasi yang lebih tinggi dari yang diperkirakan, lonjakan suku bunga yang tiba-tiba untuk menahan lonjakan harga, atau munculnya pandemi.

Sementara itu, di wilayah negara pemegang euro pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan mendatar.

Di negara maju seperti Amerika, pertumbuhan kemungkinan akan melambat menjadi 0,5 persen pada 2023, kata laporan Prospek Ekonomi Dunia. [ps/lt]

Sumber: www.voaindonesia.com

No More Posts Available.

No more pages to load.