Kapal Patroli Yunani Lepaskan Tembakan Peringatan ke Kapal Turki

by -17 Views

Awak kapal patroli penjaga pantai Yunani melepaskan tembakan peringatan Kamis (5/1) pagi, untuk mencegah kapal penjaga pantai Turki yang mencoba menabrak mereka di Laut Aegea timur, kata pihak berwenang di Athena. Ketegangan antara kedua negara tetangga itu tetap tinggi.

Penjaga pantai Turki mengatakan, awaknya melepaskan tembakan ke udara, sebagai balasan dan menambahkan bahwa kapal Yunani itu telah diusir.

Sebuah pernyataan penjaga pantai Yunani mengatakan, “Awak kapal (Yunani) melepaskan tembakan peringatan di bagian yang aman dan kapal penjaga pantai Turki mundur” menuju pantai Turki.

Pernyataan itu tidak menyebutkan cedera atau kerusakan pada salah satu kapal selama insiden di Farmakonissi, tenggara pulau Yunani dan menurut penjaga pantai Yunani, hampir 4 km di dalam perairan wilayah Yunani.

Penjaga Pantai Turki menyampaikan versi berbeda dari kejadian itu mengatakan, sebuah kapal penjaga pantai Yunani melecehkan kapal nelayan Turki di lepas pantai resor pantai Aegean Turki Didim, yang mendorong otoritas Turki mengirim kapal penjaga pantai.

Insiden itu terjadi ketika hubungan antara Yunani dan Turki, dua negara yang punya sejarah bersaing di kawasan itu dan sekutu NATO yang tidak bersahabat, menjadi lebih tegang dari biasanya selama tiga tahun terakhir. [ps/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com

No More Posts Available.

No more pages to load.